Minggu, 25 Januari 2009

ANALISIS DAERAH PENANGKAPAN IKAN CAKALANG (Katsuwonus pelamis) PADA MUSIM BARAT DENGAN MENGGUNAKAN DATA SATELIT DI PERAIRAN KABUPATEN WAKATOBI SULA

ANALISIS DAERAH PENANGKAPAN IKAN CAKALANG (Katsuwonus pelamis) PADA MUSIM BARAT DENGAN MENGGUNAKAN DATA SATELIT DI PERAIRAN KABUPATEN WAKATOBI SULAWESI TENGGARA

(Analysis of Cakalang (Katsuwonus pelamis ) Fishing ground during West Season using Satellite Data in Wakatobi Waters, Southeast Sulawesi)

Muslim Tadjuddah¹,Vincentius P. Siregar, Domu Simbolon²

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran suhu permukaan laut dan klorofil-a beserta variasinya berdasarkan skala ruang dan waktu di sekitar perairan Kabupaten Wakatobi Provinsi Sultra kemudian menentukan lokasi thermal front dan upwelling sebagai indikator daerah penangkapan ikan cakalang (Katsuwonus pelamis).

Operasi penangkapan ikan akan menjadi lebih efisien dan efektif apabila daerah penangkapan ikan dapat diduga terlebih dahulu, sebelum armada penangkapan ikan berangkat dari fishing base. Salah satu metode untuk mengetahui daerah penangkapan ikan ialah melalui studi daerah penangkapan ikan dan hubungannya dengan fenomena oseanografi yang terjadi.

Pengamatan parameter oseanografi (suhu permukaan laut dan klorofil-a) dengan menggunakan data satelit NOAA-AVHRR dan Seastar-SeaWIFS melalui fenomena terbentuknya thermal front dan upwelling yang digunakan untuk memantau formasi pembentukan daerah penangkapan ikan.

Rata-rata SPL pada musim barat di perairan Kabupaten Wakatobi 27.5°C dengan konsentrasi klorofil-a 1.35 mg/m³. Rata-rata SPL pada musim peralihan barat-timur 26.7°C dengan konsentrasi klorofil-a berkisar 0.78 mg/m³.Thermal front terjadi di sekitar Karang Kapota, Karang Kaledupa, Karang Koromaha dan Karang Koka. Berdasarkan sebaran front, maka daerah penangkapan ikan cakalang potensial ditemukan pada bagian timur perairan Kabupaten Wakatobi khususnya di sekitar Karang Koromaha dan Karang Koka.Pada musim barat dan musim peralihan barat-timur tidak ditemukan adanya indikasi upwelling.

Kata-kata Kunci : Fishing ground, Suhu permukaan laut, klorofil-a, cakalang

ABSTRACT

The objectives of this study are to know the distribution both of sea surface temperature and clorophill-a their variation bassed spacial and temporal scales around Wakatobi waters Southeast Sulawesi, and to determine the location of thermal front and upwelling as an indicator of cakalang (Katsuwonus Pelamis) fishing ground.

Fishing activity would be more efficient and effective when fishing ground was recognized well to fishing vessel leaved from fishing base. One of the method to determine fishing ground is to studying of fishing ground and its relation to phenomenon of oceanography.

The observation of oceanograpy parameter ( sea surface temperature and clorophill-a) using satellite NOAA-AVHRR data and Seastar-Seawifs data related to thermal front and upwelling formation phenomenon could be applied for determining fishing ground formation.

The mean of SST during west season was 27.5°C with clorophill-a concentration 1.35 mg/m³. While the mean of SST during west-east season 26.7°C with clorophill-a concentration was about 0.78 mg/m³. Thermal Front occured around Kapota reefs, Kaledupa reefs, Koromaha reefs and Koka reefs. Based on thermal front distribution the potential fishing ground of cakalang was located in the east of Wakatobi waters especially around Koromaha reefs and Koka reefs. Upwelling was not found during west season and west-east season.

Key words : Fishing ground, Sea surface temperature, clorophill-a, cakalang

¹Dosen FPIK Unhalu Kendari , ²Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-IPB

1. PENDAHULUAN

Teknologi penginderaan jauh satelit (Indraja) merupakan salah satu alternatif yang tepat dalam mempercepat penyediaan informasi tentang daerah penangkapan ikan, melalui pengamatan parameter oseanografi seperti suhu permukaan laut, klorofil-a dan lain sebagainya. Data klorofil-a yang diperoleh dari satelit Seastar-SeaWIFS dapat dimanfaatkan untuk memantau kesuburan perairan, daerah Upwelling dan formasi pembentukan daerah penangkapan ikan.

Salah satu fenomena yang menarik untuk diamati adalah terbentuknya thermal front (zone pertemuan massa air dengan suhu yang berbeda). Hal ini mengisyaratkan bahwa telah terjadi pergerakan air yang mengakibatkan terbentuknya fenomena tersebut. Pergerakan massa air dari lapisan bawah ke permukaan yang dikenal sebagai upwelling, juga merupakan fenomena yang mengindikasikan terbentuknya daerah penangkapan ikan yang potensial.

Daerah dimana upwelling terjadi biasanya akan membawa massa air yang suhunya lebih rendah, juga membawa zat hara sehingga kesuburan perairan tersebut akan meningkat. Kesuburan suatu perairan pada umumnya, akan merangsang kegiatan biologis lainnya, sehingga pada akhirnya diharapkan juga akan meningkatkan kelimpahan sumberdaya hayati perairan tersebut. Pengetahuan tentang lokasi perairan dengan fenomena tersebut akan dapat membantu para nelayan untuk mencari lokasi daerah penangkapan ikan.

Kabupaten Wakatobi merupakan daerah pemekaran dari kabupaten Buton Provinsi Sultra yang disyahkan dengan Undang- Undang R I No. 29 tahun 2003. Luas Kabupaten Wakatobi diperkirakan sekitar 16.890 Km² atau 1.689.000 ha dimana 95% dari wilayah ini merupakan perairan laut. Kabupaten Wakatobi Propinsi Sultra terletak antara 5°12' - 6°10 LS dan 123°20' - 124°39' BT.

Kabupaten Wakatobi sendiri di sebelah utara berbatasan dengan Laut Banda, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Flores, sebelah timur berbatasan dengan Laut Banda dan sebelah barat berbatasan dengan P. Buton (Kec. Lasalimu). Penamaan Kabupaten Wakatobi diambil dari nama pulau-pulau yang ada di sekitar gugusan kepulauan tersebut. Wa diambil dari singkatan P. Wangi-wangi, Ka diambil dari singkatan P. Kaledupa, To diambil dari singkatan P. Tomia dan Bi diambil dari singkatan P. Binongko.

Sampai saat ini masih terdapat kendala untuk dapat mengoptimalkan operasi penangkapan ikan agar lebih efisien dan produktif. Adapun kendala yang dihadapi pertama, nelayan kesulitan mencari daerah penangkapan ikan yang disebabkan ketidaktahuan tentang faktor oseanografi yang berhubungan dengan kemunculan schooling ikan. Kedua, nelayan tidak dapat merencanakan operasi penangkapan ikan yang tepat yang disebabkan karena tidak dapat menduga musim penangkapan ikan akibatnya operasi penangkapan ikan akan berjalan tidak efektif, tidak efisien dan tidak ekonomis karena nelayan berangkat dari pangkalan bukan untuk menangkap ikan tetapi untuk mencari lokasi daerah penangkapan ikan. Dengan demikian, nelayan akan selalu berada dalam ketidakpastian tentang lokasi penangkapan dan akhirnya hasil tangkapan juga menjadi tidak pasti.

2. TUJUAN PENELITIAN

Penelitian ini bertujuan :

(1) Mengetahui penyebaran suhu permukaan laut pada musim barat berdasarkan skala ruang dan waktu sekitar perairan Kabupaten Wakatobi Provinsi Sultra.

(2) Mengetahui penyebaran klorofil-a pada musim barat berdasarkan skala ruang dan waktu di sekitar perairan Kabupaten Wakatobi Provinsi Sultra.

(3) Menentukan lokasi Thermal front dan upwelling sebagai indikator daerah penangkapan ikan cakalang (Katsuwonus pelamis).

3. TINJAUAN PUSTAKA

Ikan pelagis merupakan jenis ikan yang hidup atau menghuni perairan lapisan permukaan sampai lapisan tengah (mid layer). Pada daerah-daerah dimana terjadi proses penaikan massa air (upwelling) sumberdaya ini dapat membentuk biomassa yang sangat besar. Ikan pelagis umumnya senang bergerombol, baik dengan kelompoknya maupun dengan jenis ikan lainnya namun terdapat kecenderungan ikan pelagis bergerombol berdasarkan kelompok umur.

Menurut Wade yang diacu dalam Widana (1991) panjang ikan cakalang pada umur satu tahun kurang lebih 37 cm, pada tahun kedua dapat mencapai 46 cm, tahun ketiga 55 cm, tahun ke empat 64 cm, tahun ke lima 72 cm, bahkan cakalang dapat mencapai 1 meter pada umur lebih dari 7 tahun dengan berat diperkirakan 25 kg. Pada umumnya ikan cakalang yang tertangkap berukuran panjang 40-60 cm. Barkley et al. (FAO,1994) mengemukakan bahwa ikan cakalang yang berada pada permukaan perairan tropis adalah cakalang yang kecil (kurang dari 4 kg) sedangkan cakalang besar (lebih dari 6,5 kg) berhabitat di perbatasan termoklin dan beradaptasi dengan perairan yang sejuk.

Ben-Yami (1987) menjelaskan bahwa ikan cakalang mulai memijah pada saat berumur diperkirakan 1 tahun dengan menghasilkan kurang lebih 100.000 telur setiap tahunnya dan bertambah sampai sampai 2 juta telur setiap memijah. Telur-telur ini menetas diperkirakan 4 hari setelah fertilisasi. Larvanya dapat ditemukan di seluruh wilayah Samudra Hindia, Pasifik dan Atlantik, setelah berumur 4 tahun atau lebih cakalang kembali ke garis katulistiwa untuk memijahannya.

Suhu perairan sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan, aktifitas dan mobilitas gerakan, ruaya, penyebaran, kelimpahan, penggerombolan, maturasi, fekunditas, pemijahan masa inkubasi dan penetasan telur serta kelulusan hidup larva ikan. Perubahan suhu perairan menjadi di bawah suhu normal atau suhu optimal menyebabkan penurunan aktifitas gerakan dan aktifitas makan serta menghambat berlangsungnya proses pemijahan. Pada umumnya semakin bertambah besar ukuran dan semakin tua ikan, ada kecenderungan menyukai dan mencari perairan dengan dengan suhu yang lebih rendah di perairan yang lebih dalam.

Menurut Gunarso (1985) bahwa fluktuasi suhu dan perubahan geografis merupakan faktor penting dalam merangsang dan menentukan pengkonsetrasian gerombolan ikan. Suhu memegang peranan dalam penentuan daerah penangkapan ikan.

Menurut Laevastu dan Hela (1970) untuk meramalkan berhasil tidaknya suatu penangkapan ikan harus memperhatikan :

(1) Suhu optimum dari semua jenis ikan yang menjadi tujuan penangkapan

(2)Pengamatan hidrografi dan meteorologi untuk memberikan keterangan mengenai isotermal permukaan.

(3) Perubahan keadaan hidrografi harus dapat diramalkan.

Suhu perairan berpengaruh secara langsung terhadap kehidupan laut. Pengaruh tersebut meliputi laju fotosintesis tumbuh-tumbuhan dan proses fisiologis hewan, khususnya metabolisme dan siklus reproduksi ikan mempunyai kisaran suhu optimum untuk hidupnya. Pengetahuan tentang suhu optimum ini akan bermanfaat dalam peramalan keberadaan kelompok ikan, sehingga dapat dengan mudah dilakukan penangkapan. Citra suhu permukaan laut juga telah digunakan melacak migrasi dan habitat berbagai jenis ikan tuna sirip biru (bluefin tuna) sepanjang pantai timur Amerika Serikat (Roffer et al.,1982). Ikan-ikan ini mengikuti pergerakan massa air hangat musiman dekat permukaan yang pergerakannya dapat dimonitor dengan mengamati pergerakan ke arah utara isotermal 19-20°C melalui citra infrared dari satelit walaupun hasilnya masih terbatas.

Sugimoto dan Tameishi (1990) menelaah aplikasi suhu permukaan laut dari NOAA dalam penentuan lokasi daerah penangkapan ikan di Jepang. Massa air hangat yang berada pada arus Kuroshio bergerak dari utara memasuki terutama perairan pantai timur Jepang. Massa air .ini akan bertemu dengan massa air dingin yang dibawa arus Oyashio dari lintang tinggi yang bergerak ke selatan sepanjang perairan pesisir timur Jepang. Arus Kuroshio dalam pergerakannya sering berbentuk meander, sehingga sering gerakan eddys ini terlepas dan terus bergerak ke utara-timur laut. Massa air hangat menjadi terperangkap dan dikelilingi oleh massa air dingin yang juga terlepas dan arus Oyashio yang bentuknya melingkar seperti cincin sehingga disebut cincin air hangat (Warm Core Ring, disingkat WCR).

Dari berbagai studi terlihat bahwa daerah penangkapan ikan cakalang (skipjack) selalu bergerak bersama massa air hangat yang menyusup (warm streamer) dengan suhu 22-23°C. Ikan cakalang bergerak mengikuti air hangat ini ke arah utara dalam perjalanan menuju daerah makanan (feeding area).

4. METODE PENELITIAN

4.1 Tempat dan Waktu Penelitian

Peta Lokasi penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di sekitar perairan Kabupaten Wakatobi Provinsi Sultra pada posisi antara 5°12' - 6°10' LS dan 123°20' - 124°39' BT. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Mei 2004.










Gambar 1. Peta Lokasi Penelitian

4.2 Alat dan Data

Alat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi :

1 ) Perangkat komputer PC Pentium IV

2 ) Perangkat pengolah data satelit yaitu ER.MAPPER 6.0 untuk pengolah citra SPL dan kontur SPL dan Map Info V.7 untuk pengolahan pemetaan zona penangkapan ikan.

3 ) Peta perairan Kabupaten Wakatobi no. 317. (Sumber : Dishidros TNI-AL

tahun 2001, Skala : 1:200.000)untuk menentukan lokasi daerah penelitian

4 ) Kamera Foto, membuat dokumentasi selama penelitian

5 ) GPS (Garmin III Plus), untuk menentukan posisi daerah penelitian

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :

1 ) Data suhu permukaan laut pada musim barat dan musim peralihan barat-timur hasil pengukuran sensor AVHRR satelit NOAA yang bebas awan tahun 1999,2000, 2001, 2002 dan 2003

2 ) Data klorofil-a pada musim barat dan musim peralihan barat-timur hasil pengukuran sensor SeaWIFS satelit Seastar yang bebas awan tahun 2002 dan 2003

3 ) Data oseanografi

4 ) Data hasil tangkapan ikan cakalang tahun 1999, 2000, 2001 2002 dan 2003

4.3 Metode Pengumpulan Data

Penelitian ini dilakukan dengan metode survai sedangkan data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data In-situ dan data Ex-situ. Data In-situ terdiri dari data posisi daerah penangkapan, waktu penangkapan, ukuran kapal, jumlah kapal.Data ini diperoleh dari responden yaitu nelayan pancing tonda yang dominan menangkap ikan cakalang di sekitar perairan Kabupaten Wakatobi melalui pengisian kuisioner dan wawancara.

Data Ex-situ terdiri dari data satelit yaitu suhu permukaan laut (SPL) tahun 1999-2003 dan klorofil-a selama tahun 2002-2003 yang diterima dan diproses di Stasiun Bumi Satelit Lingkungan dan Cuaca (SBSLC) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) JL.Pekayon 70, Pasar Rebo,Jakarta Timur. Data oseanografi yaitu data pola arus diperoleh dari hasil studi Wyrtki (1961). Data hasil tangkapan ikan cakalang yaitu data selama lima tahun (data time series) diperoleh dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di lokasi penelitian.

4.4 METODE ANALISIS DATA

4.4.1. Analisis Suhu Permukaan Laut

Citra yang terpilih untuk diolah yaitu dengan pertimbangan citra tersebut bebas awan yang merupakan data bulanan selama lima tahun (1999-2003) sebanyak 21 citra. Citra SPL dikelompokkan berdasarkan variasi musiman, yaitu Musim Barat diwakili 10 citra, Musim Peralihan Barat-Timur diwakili 11 citra, (Tabel 2).

Tabel 2. Citra Suhu Permukaan Laut Terpilih

Pengolahan data citra suhu permukaan laut satelit NOAA-AVHRR menjadi kontur SPL terdiri dari 7 tahap sebagai berikut, yaitu tahap pemilihan citra bebas awan, tahap pemotongan citra (cropping), tahap perhitungan nilai spl, tahap klasifikasi SPL, tahap koreksi geometrik, tahap pembuatan kontur SPL, tahap penggabungan kontur SPL dengan hasil digitasi bentuk daratan

4.4.2 Analisis Klorofil-a

Data citra satelit SeaWifs merupakan data hasil download yang diperoleh pada homepage NASA: http://seawifs.gsfc.gov/cgibrs/seawifs subreg 12.pl. Berupa data global area coverage (GAC) dengan resolusi 4 km. Citra klorofil-a yang terpilih untuk didown load ialah data citra bulanan selama dua tahun (2002-2003) sebanyak 9 citra, sama halnya dengan citra suhu permukaan laut citra klorofil-a yang didown load merupakan citra yang bebas awan kemudian dikelompokkan berdasarkan variasi musiman. Pada citra Musim Barat diwakili 4 citra, Musim peralihan Barat-Timur diwakili 5 citra,

Tabel 3. Citra Klorofil-a Terpilih

Dari data citra diidentifikasi nilai sebaran nilai maksimum dan minimum dan dievaluasi dari waktu ke waktu. Fase analisis interaktif digital ini ditetapkan untuk seluruh data input, selanjutnya menganalisis sebaran SPL untuk melihat fenomena front dan tingkat kesuburan perairan dengan melihat kisaran nilai kisaran klorofil tertinggi sebagai daerah feeding ground bagi ikan. Nilai kisaran klorofil yang diamati adalah kisaran 0,5-2,0 mg/m³.

4.4.3 Deteksi Daerah Penangkapan Ikan

4.4.3.1 Thermal front

Analisis thermal front dilakukan untuk mengetahui indikator adanya daerah potensi ikan. Daerah yang diduga sebagai zona potensi ikan adalah daerah yang mendekati suhu dingin dan mempunyai kandungan klorofil yang tinggi. Analisis ini dilakukan secara visual dengan melihat garis kontur SPL setelah dioverlay dengan citra SPL menjadi kontur SPL. Daerah thermal front ditandai dengan melihat adanya gradien suhu yang rapat dibandingkan dengan daerah sekitarnya dengan kisaran suhu 0,5 °C dalam 3 Km (LAPAN, 2003).

4.4.3.2 Analisis Area Umbalan (Upwelling)

Zona umbalan secara langsung dideteksi dengan menggunakan citra SPL jika memenuhi persyaratan SPL dengan gradien ≥ 2ºC dengan area sekitarnya dan perbedaan suhu kelihatan pada musim yang berbeda pada area yang sama dengan nilai beda SPL ≥ 2ºC.

4.4.4 Analisis Hasil Tangkapan

Data hasil tangkapan cakalang yang diperoleh merupakan data bulanan selama lima tahun yang tersebar dalam lokasi penelitian. Dari nilai ini dihitung nilai kumulatif bulanan dan tahunan, selanjutnya menilai trend data hasil tangkapan bulanan, kuartalan/musiman dan tahunan untuk menentukan variabilitas sebaran hasil tangkapan kemudian dilanjutkan dengan menilai pola keterkaitannya dengan parameter lingkungan perairan.

5. HASIL dan PEMBAHASAN

5.1 Profil Suhu Permukaan Laut

Pada musim barat rata-rata SPL di perairan Wakatobi sekitar 27.5°C. Suhu dominan dijumpai pada sisi timur Kepulauan ini dengan suhu berkisar 24-30°C. Suhu hangat berkisar 27-32°C terdapat pada bagian barat P. Binongko, P. Wangi-wangi, P. Kaledupa dan disekitar P. Runduma sedangkan suhu dingin berkisar 24-25°C terdapat di bagian tenggara P. Tomia dan selatan P. Binongko dan selatan P. Runduma. Rata-rata SPL pada musim peralihan barat-timur sekitar 26.7°C. Suhu dominan terlihat pada sisi timur kepulauan ini yang berkisar 26-27°C. Suhu hangat berkisar antara 27-31°C berada di sisi barat, utara Kepulauan Wakatobi dan barat,timur P. Runduma. Suhu dingin berkisar antara 25-26°C terdapat baik pada bagian timur dan barat Kepulauan Wakatobi.

4.2 Pergerakan Sebaran Suhu Permukaan Laut

Pergerakan SPL pada musim barat (Desember, Januari dan Februari ) secara visual menunjukkan suhu dingin terlihat dominan pada sisi timur di perairan Kepulauan Wakatobi dan suhu panas terlihat di sisi baratnya. Hal ini disebabkan karena masih berpengaruhnya SPL pada musim peralihan timur–barat yang cenderung lebih hangat. Pergerakan SPL secara spasial, massa air hangat cenderung bergerak dari Laut Flores menyusup dari sisi barat ke sisi timur Kepulauan Wakatobi (Citra bulan Desember-Januari).

Pada bulan Januari menunjukkan massa air bersuhu panas yang menjadi karakter musim peralihan timur-barat terdorong oleh massa air dingin ke arah timur seiring datangnya angin musson barat (West Munsoon). Pergerakan angin musson pada musim barat yang menyusur dari Laut Flores ke Laut Banda menyebabkan massa air yang bersuhu panas pada musim sebelumnya terdorong ke arah timur, massa air bersuhu panas ini tiba di Laut Banda berubah karakternya menjadi dingin akibat bercampur dengan massa air Laut Banda yang cenderung bersuhu dingin. Sesuai dengan pendapat Nontji (1993) menyatakan bahwa di Laut Banda pada bulan Desember sampai dengan Februari, massa air dari Laut Flores mengalir masuk.

Musim peralihan barat-timur terlihat perbedaan pergerakan SPL dengan musim barat. Pada musim ini sebaran SPL menunjukkan telah bercampur antara massa air hangat dan massa air dingin, diduga disebabkan terjadi perubahan pola pergerakan angin musim yang mendorong massa air permukaan.

Nontji (1993) menyatakan bahwa pada musim peralihan barat-timur sekitar bulan April, arus ke timur ini mulai melemah bahkan mulai berbalik arah hingga di beberapa tempat terjadi olakan-olakan (Eddies). Birowo (1980) juga menyatakan bahwa pada musim pancaroba yaitu dalam bulan April arus sangat berubah-ubah dan sangat sukar ditentukan.

Percampuran massa air hangat dan dingin pada citra tanggal 27 Maret 2000, 14 Maret 2003, 13 April 2002 dan 17 Mei 2003 terlihat pada bagian barat dan timur perairan Kepulauan Wakatobi, namun suhu dingin cenderung mendominasi pada sisi timur perairan. Dari kondisi ini memberikan informasi besarnya pengaruh pergerakan arus permukaan terhadap sebaran suhu permukaan laut di wilayah penelitian.

Secara umum seperti yang ditunjukkan pada Lampiran pada musim peralihan barat-timur (Maret,April dan Mei) terlihat pola pergerakan SPL yang dingin cenderung terkonsentrasi pada bagian timur Kepulauan Wakatobi (sisi barat Laut Banda). Hal ini diduga disebabkan mulai berpengaruhnya sistem arus musim timur yang cenderung membawa massa air bersuhu dingin dari Laut Banda.

Pengamatan yang dilakukan secara visual menunjukkan pada musim peralihan barat-timur pergerakan sebaran suhu dingin cenderung dari arah barat menuju ke timur perairan Kepulauan Wakatobi namun pola pergerakan SPL ini sifatnya tidak tetap bergantung pada arah dan intensitas angin musim dominan yang mendorong massa air.

4.3 Profil Klorofil-a

Konsentrasi klorofil-a pada musim barat rata-rata 1.35 mg/m³. Konsentrasi klorofil-a dominan berkisar 0.1 mg/m³ terdapat di sisi barat dan timur Kepulauan Wakatobi. Konsentrasi klorifil-a tertinggi sekitar 0.5-2.6 mg/m³ terdapat pada bagian barat Kepulauan Wakatobi, sebagian kecil P.Tomia dan P.Binongko dan konsentrasi klorofil-a terendah berkisar 0.05-2.0 mg/m³ terdapat pada bagian barat dan selatan P. Runduma .

Pada Musim peralihan barat-timur rata-rata konsentrasi klorofil-a 0.78 mg/m³. Konsentrasi klorofil-a pada musim ini dominan pada kisaran 0.1-0.2 mg/m³ terlihat pada disisi timur perairan Kepulauan Wakatobi sedangkan konsentrasi klorifil-a tertinggi berada pada kisaran 0.4-2.5 mg/m³ terdapat di bagian barat P.Wangi-wangi, P.Tomia dan P.Binongko. Konsentrasi klorifil-a terendah terdapat di sekitar bagian barat dan timur P.Kaledupa dan bagian tenggara perairan P.Binongko dengan konsentrasi berkisar 0.1-0.5 mg/m³.

4.4 Pergerakan Klorofil-a

Konsentrasi klorofil-a pada musim barat tertinggi terdapat pada Karang Kapota dan Karang Kaledupa. Selama musim ini (Desember, Januari dan Februari) konsentrasi klorofil-a tertinggi ditemui menetap di sekitar daerah tersebut namun terkadang juga ditemui pada bagian timur P.Tomia dan P.Binongko yaitu pada Karang Koromaha dan Karang Koka, dimana terlihat cenderung mempunyai pola pergerakan yang tetap dalam setiap bulan. Konsentrasi klorofil-a terendah terlihat pada sisi barat dan timur Kepulauan Wakatobi dengan sebaran tidak menyebar rata.

Pada musim peralihan barat-timur, terdapat perbedaan konsentrasi klorofil-a dibandingkan dengan dengan musim barat, yaitu terjadi peningkatan konsentrasi klorofil. Konsentrasi klorofil tertinggi mulai menyebar terutama pada bagian barat Kepulauan Wakatobi dan utara P. Runduma. Konsentrasi klorofil-a terendah terlihat cenderung mengalami peningkatan terutama pada sisi timur perairan Kepulauan Wakatobi. Pergerakan konsentrasi klorofil-a tertinggi menunjukkan dimulai pada sisi barat selanjutnya pada sisi timur.

4.5 Pendugaan Daerah Penangkapan Ikan

4.5.1 Thermal Front

Pada bulan Desember, Januari dan Februari posisi front ditemukan berada di sekitar Karang Kaledupa, Karang Koromaha, P.Runduma, P.Kentiolo (timur Kepulauan Wakatobi) pada posisi 123°22’41” - 124°36’27” BT dan 5°10’57” - 6°18’54” LS. Front terkonsentrasi di sekitar Karang Kaledupa dan Karang Koromaha pada posisi 123°30’00” - 124°15’00” BT dan 5°35’00” - 5°45’00” LS. Pada bulan Desember front terbentuk pada sisi barat P. Binongko dan di sekitar Karang Koka dengan gradien suhu 0.5-1.5°C. Pada bulan Januari front terlihat masih bertahan di wilayah ini tetapi dengan gradien suhu yang berbeda yaitu sekitar 0.5°C.

Dari analisis visual fenomena terjadinya front terlihat pada musim barat terdapat dua mekanisme terbentuknya front. Pertama adanya massa air hangat yang masuk dari Laut Flores bertemu dengan massa air yang lebih dingin yang berasal dari Laut Banda, hal ini terlihat pada citra SPL tanggal 7 Desember 2001. Kedua terbentuk lidah massa air dingin (water tongue) yang di kelilingi massa air yang lebih panas terlihat pada citra SPL tanggal 7 Januari 2002.

Sistem pola arus yang dipetakan Wyrtki (1961) menyatakan bahwa pada musim barat (Desember, Januari dan Februari) pola arus permukaan perairan Indonesia memperlihatkan arus permukaan bergerak dari Laut Cina Selatan menuju ke Laut Jawa. Arus tersebut kemudian bergerak dari Laut Jawa ke Laut Flores (selatan Kepulauan Wakatobi) hingga mencapai Laut Banda (utara dan timur Kepulauan Wakatobi). Di lain pihak pada bulan Desember terlihat arus musim barat memasuki Laut Flores dengan kecepatan yang relatif kuat 75 cm/sec. Arus musim barat inilah yang diduga bertemu dengan arus lokal perairan Kepulauan Wakatobi sehingga terbentuk daerah front. Pola pergerakan front terlihat cenderung bertahan di sekitar sisi barat P.Binongko dan Karang Koka.

Gradien suhu front sebagai indikasi daerah penangkapan ikan bervariasi pada jarak 0,93-2,80 km dengan kisaran SPL 22,90 – 31,3°C.

Pada bulan Maret, April dan Mei, posisi front . Front ditemukan menyebar di sekitar Karang Kaledupa, Karang Koka dan P.Runduma pada posisi 123°35’00” - 124°38’00” BT dan 5°38’00” - 6°08’00” LS. Front terkonsentrasi di sekitar Karang Kaledupa dan P.Runduma pada posisi 123°25’00” - 124°20’” BT dan 5°20’00” - 5°50’00” LS. Pada bulan Maret front terdeteksi terbentuk di sekitar Karang Kaledupa, P. Runduma dan sisi barat P. Binongko dengan gradien suhu 0.5°C. Front yang terbentuk pada bulan Maret terlihat bertahan dan terdeteksi kembali pada bulan April. Selanjutnya pada bulan Mei terjadi pergeseran front dari utara sekitar P. Runduma ke selatan sekitar Karang Koromaha dan Karang Koka dengan gradien suhu 0.5-1.0°C.

Dari analisis visual terlihat fenomena terjadinya front yang terbentuk dari kantung-kantung massa air hangat yang di kelilingi massa air yang lebih dingin. Pola pergeseran front ini cenderung dari utara ke selatan Kepulauan Wakatobi yaitu sekitar Karang Koromaha dan Karang Koka.

Pada musim peralihan barat-timur (Maret, April dan Mei), Nontji (1993) menyatakan bahwa pada musim peralihan ini arus dan angin pada musim sebelumnya masih cukup kuat. Seperti terlihat pada pola arus pada bulan April (Wyrtki,1961) di perairan Kepulauan Wakatobi ditemui arus yang berasal dari Laut Jawa masuk ke Laut Flores dengan kecepatan 50 cm/sec bertemu dengan arus yang berasal dari Laut Maluku menuju ke Laut Banda dengan kecepatan sama tepat di sisi selatan perairan Kepulauan Wakatobi. Pertemuan dua sistem arus ini diduga akan menyebabkan front di wilayah penelitian. Gradien suhu front ditemukan sekitar 1.58-2,86 km dengan kisaran suhu 21,78 – 29,67°C.

4.5.2 Upwelling

Pada musim barat dan musim peralihan barat-timur tidak ditemukan adanya indikasi upwelling.

4.5.3 Hasil Tangkapan Cakalang

Produksi hasil tangkapan cakalang dari tahun 1999 sampai tahun 2003 menunjukkan trend menurun. Produksi tertinggi hasil tangkapan cakalang terjadi pada tahun 2000 yaitu sebesar 31081 kg sedangkan pada tahun 2001 menurun dengan produksi 24185 kg. Pada tahun 2002 meningkat lagi dengan produksi sebesar 29949 kg dan pada tahun 2003 turun drastis dengan produksi 25848 kg.

Berdasarkan rata-rata hasil tangkapan bulanan cakalang dari tahun 1999 sampai tahun 2003 terlihat bahwa musim tangkapan cakalang mencapai puncaknya pada bulan September dimana dimulainya musim peralihan timur–barat. Produksi tangkapan terendah terjadi pada bulan Maret yaitu saat dimulainya musim peralihan barat-timur.

Gambar 4. Grafik produksi rerata tahunan ikan cakalang

di Kabupaten Wakatobi Tahun 1999 - 2003

Rendahnya hasil tangkapan ikan cakalang pada bulan Maret (Musim peralihan barat-timur) diduga berkaitan erat dengan tidak ditemukannya indikasi upwelling yang menyebabkan perairan menjadi subur.



Gambar 5. Grafik produksi rerata bulanan ikan cakalang di Kabupaten Wakatobi Tahun 1999 – 2003


5. KESIMPULAN DAN SARAN

(1) SPL pada musim barat berkisar 25-31°C dengan rata-rata 27.5°C, pada musim peralihan barat-timur berkisar 25-31°C dengan rata-rata 26.7°C. Klorofil-a pada musim barat berkisar 0.05-3.0 mg/m³ dengan rata-rata 1.35 mg/m³, pada musim peralihan barat-timur berkisar 0.1-2.5 mg/m³ dengan rata-rata 0.78 mg/m³

(2) Suhu panas yang dimulai dari bulan Desember cenderung bergerak dari arah barat ke arah timur Kepulauan Wakatobi sampai bulan Februari.

(3) Front ditemukan di sekitar Karang Kaledupa dan Karang Koromaha pada bulan Desember, Januari dan Februari. Front ditemukan di sekitar Karang Kaledupa dan P. Runduma pada bulan Maret, April dan Mei.

(4) Pada musim barat dan musim peralihan barat-timur tidak ditemukan adanya indikasi upwelling.

Hal yang dapat disarankan dari penelitian ini yaitu diperlukan data posisi lintang dan bujur daerah penangkapan ikan, untuk dapat memprediksi posisi penangkapan, mengetahui hubungan SPL dengan keberadaan ikan, SPL optimum untuk penangkapan.

DAFTAR PUSTAKA

[BPS] Biro Pusat Statistik Resort Wangi-wangi. Laporan Triwulanan Tahun 1999-2003. Mandati. hlm.1-25.

Blackburn M. 1965. Oceanography and The Ecology of Tunas. In H. Barnes (editor), Oceanography Marine Biology Ann. Rev. 3. George Allen and Unwin Ltd. London. p.299-322.

Hasyim B, Chandra E. Adi. 1999. Analisis Pola Distribusi Suhu Permukaan Laut dan Hasil Tangkapan Ikan Cakalang di Perairan Utara Pulau Bali. Majalah LAPAN No.01Vol 01 p 1-8.

Hela I dan T. Laevastu. 1970. Fisheries Oceanography. Fishing News (Books) Ltd. London. hlm. 123.

Nasa, http://Seawifs.gsfc.nasagov/


Pickard GL and WJ Emery. 1990. Descriptive Physical Oceanograpy An Introduction . Pergamon Press. 320 p

Wyrtki K. 1961. Physical Oceanography of The South East Asian Waters. Naga Report. Vol. 2. Scripps Institution of Oceanography. The University of California. La Jolla. California. 195 p.






.


1 komentar:

  1. Salam kenal pak...
    nama saya prianto pangil aja anto.
    saya mahasiswa tingkat akhir di salah satu univeristas di palembang.
    saya sangat berminat dengan penginderaan jauh dan penelitian saya mengenai klorofil sebagai daerah ZPPI.
    saya ingin bertanya mengenai Pengaruh suhu terhadap ZPPI.. boleh pak yahh..
    1. Bagaimana menentukan daerah perairan tersebut mengalami fenomena front dan upwelling bila dilihat dari data citra..?(secara teori saya tahu mengenai terjadinya kedua fenomena tsbt namun saya tidak tahu bagaimana melihat fenomena tersebut terjadi pada citra)
    2.Teknik pengambilan paramter di lapngan bagaimana pak ..?.Soalnya data yang bpk oleh tahun lama, sedangkn bpk mengambil parameternya misalnya thn 2009 otomatis datanya pasti berubah. Itu bagaimana pak, tolong berikan penjelasan ya pak.
    3. Apakah suhu yang dikatakan memiliki kisaran suhu rendah sudah pasti mengalami upwelling..?
    tolong di jawab ya pak. saya sangat butuh informasi dari bpk supaya ilmi saya gk gini2 aka hehe..
    oya satu lg pak. Bisa gk saya minta tahap pengolahan klorofil... sekalian dengan refrensinya pk. maksih pak

    BalasHapus